Friday, April 04, 2008

SEO for Beginner

Para calon jutawan kilat,

Jika kita baru memulai aktivitas blogging, selalu dapat kita temui di forum-forum mengenai sesuatu yang bernama SEO. Sang blogger X bilang SEO ini, sang blogger Y bilang SEO itu. Apa-apa yang dibahas selalu dikait-kaitkan dengan SEO. Pastilah SEO itu adalah hal penting, yang kebanyakan diketahui oleh para blogger yang sudah agak lama dalam blogging activity. Tinggallah kita yang bingung dan garuk-garuk kepala, karena tidak tahu apa itu SEO.

Jadi apa itu SEO?

SEO adalah abbreviation dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesian adalah Optimalisasi Mesin Pencari.

Naaa... dapat istilah baru kan. Lha, search engine itu apa?

Search engine, bagi saya pribadi, bisa dibilang sebagai jantung dari internet. Milyaran situs tersebar di internet, sang "web of the webs". Sudah pasti jika search engine ini tidak ada, kita akan seperti orang yang tersesat dalam lautan terbesar di dunia. Kita tidak akan tahu, URL situs mana yang mempunyai informations yang kita butuhkan. Yang bisa kita lakukan adalah bermain judi. Contohnya jika kita hendak mencari informasi mengenai keseksian Julia Perez, berarti kita harus mengetik satu-satu nama dari URL yang tersebar di seluruh dunia. GILA! Karena itu, search engine bisa dikatakan juga sebagai "pemandu" para browser sedunia untuk megetahui which site has which information. Tanpa jasa search engine, kita bakalan jadi mbah-mbah botak lumutan karena sibuk meraba-raba, situs mana yang ingin kita cari. Examples dari search engine yang sudah sangat kenal misalnya Yahoo dan Google.

Nah, kembali ke SEO tadi, apa untungnya bagi para moneymaker bloggers seperti kita? Jelas sangat vital. SEO berarti membuat situs kita makin dikenali search engine. Jika situs kita makin terkenal, maka otomatis alamat dari situs kita tersebut makin naik peringkat di halaman pencarian (result pages) dari search engine yang bersangkutan. Bayangkan jika situs kita adalah nomor satu pada halaman nomor satu pula di result pages Google untuk queries pencarian tertentu. Girangnya bakal bukan main, melebihi kalau diterima saat menembak si dia ^_^.

Namun, sayangnya. Tidak se-simple itu. Misalnya, coba anda pergi ke Google. Ketikkan berurutan query pencarian berikut ini dan amati hasilnya (satu-persatu, sertakan juga tanda quote-nya):

"Julia Perez hot sexy"
"Julia Perez hot"
"Julia Perez"
"Julia"

(Maaf Mbak Jupe...ini hanya bentuk kekaguman saya akan keseksian Anda ^_^)

Setelah Anda coba dan amati, sudah pasti result nomor satunya akan berbeda-beda. Nah, tingkat dari SEO sebuah blog diukur dengan cara yang sama. Situs yang menjadi result nomor satu untuk query "Julia Perez hot sexy" sekaligus nomor satu juga pada "Julia Perez hot" tentu akan mempunyai tingkatan SEO yang lebih tinggi daripada situs yang hanya nomor satu pada kategori search query "Julia Perez hot sexy" saja.

Setelah itu, marilah kit memasuki alam metafora. Jika Anda dapat membandingkan internet dengan terminal bus dan blog kita adalah warung-warung penjual makanan. Di terminal yang dipenuhi seabreg warung seperti itu, dengan menu-menu yang sama, warung mana yang akan menghasilkan? Tentu saja warung yang "Paling kelihatan" (mencolok) dan outstanding. Untuk menjadi outstanding, banyak hal yang harus kita lakukan: mungkin memasak lebih enak, menciptakan resep andalan, memperbanyak menu, dsb. Dalam hal moneymaking blogging juga berlaku konsep yang sama. Analoginya begini. Semakin atas blog kita terpampang di sebuah search engine, tentu akan makin banyak orang yang visit atau blogwalking di blog kita. Jika semakin banyak vistor di blog kita, tentu akan semakin besar juga kesempatan iklan adsense kita akan di-klik oleh visitor.

Seperti bisa diduga, SEO Rank bisa diukur dengan berbagai cara dan metode. Contohnya, Google mempunyai Google Pagerank. Salah satu metode yang mereka gunakan untuk mengukur SEO rank sebuah site adalah dengan mengukur backlinks yang ada dari site tersebut, misalnya. Nah, dalam kesempatan berikutnya, saya akan mebahas hal-hal seperti ini. Pastikan saja Anda tidak ketinggalan terus artikal di jutawan-kilat.blogspot.com.

Sahabat Anda,



Zebe Amadeus

No comments:

Cari situs yang berani bayar wajar tapi terbukti (NO SCAM)? Daftar aja:

DonkeyMails.com: No Minimum Payout