Tuesday, April 08, 2008

Bagaimana Cara Bermain Bowling

Syahdan menurut para cendekiawan, filsuf, dan para sufi, hidup bagaikan sebuah bahtera yang terus melaju, memecah ombak, untuk mencari "harta karun" yang sesungguhnya: makna sejati dari hidup ini. Dan meskipun saya bukan tipe manusia yang gemar beromantis-ria, namun saya mau tidak mau setuju dengan old phrase tersebut. Hidup adalah sebuah bahtera, hidup adalah sebuah perjalanan yang tidak mau berhenti.

Dan untuk itu, marilah kita mengisi hidup ini dengan pengalaman-pengalaman positif. Suatu hari, saat kita sudah sangat tua (mungkin 80 tahun ke atas), kita akan mempunyai sesuatu untuk dikenang. Hal-hal yang dapat dengan seru dan antusias dapat diceritakan pada anak cucu kita.

Saya sudah pernah berkata bahwa blog ini bukan sekedar blog biasa. Lewat blog ini, saya akan membagi pengalaman-pengalaman saya; hal-hal yang baru saya pelajari dan kuasai.

Salah satunya adalah bermain bowling.


Anda boleh tertawa. Namun saya bisa katakan, saya tidak sedang bercanda. Nyatanya, masih banyak kaum yang sangat awam dan "newbie" dalam permainan menggunakan bola yang mirip peluru meriam ini, termasuk saya pada awalnya, padahal jika dimainkan dengan tepat, permainan ini bisa menjadi salah satu sarana ice-breaking untuk memeriahkan suasana. Untuk itu, saya akan membagikan beberapa dasar permainan ini agar Anda tidak terlalu canggung jika diajak kolega Anda.

Ingat, sebelum bermain bowling, pakailah busana yang memudahkan pergerakan Anda.

Pertama, saat memasuki arena bowling, jika Anda diajak teman Anda, biarkan ia yang memesan. Jika Anda yang memesan, katakanlah bahwa Anda memesan satu meja (table). Satu table ini terdiri dari maksimal 4 pemain, LEBIH BAIK TIDAK LEBIH.

Kedua, mintalah pada petugas sepatu bowling khusus. Sepatu ini harus dipakai nanti di arena agar Anda tidak tergelincir dan menjadi bahan tontonan orang banyak. Sesuaikan dengan ukuran kaki Anda. Jika tidak pas, kembalikan dan mintalah yang baru. Jika Anda tidak mempunyai sepatu bowling sendiri, sekarang ini banyak bowling arena yang menyediakan sepatu gratis (sudah termasuk harga service). Namun, ada juga yang meminta biaya tambahan untuk peminjaman sepatu. Tenang saja, semuanya tergantung pada sikon arena tersebut.

Ketiga, jika Anda belum mempunyai bola sendiri, silahkan mengambil bola yang sudah disediakan di sana. Sesuaikan dengan kekuatan lengan Anda, jangan terlalu berat atau terlalu ringan. Perlu dicatat bahwa massa bola bervariasi, mulai dari 6 pound sampai yang 21 pound. Perhatikan bahwa satuan di sini adalah pound sehingga jika Anda mau menghitungnya dalam kilo, silakan dibagi dua saja.

Keempat, lakukan stretching (peregangan) ringan pada kedua tangan, bahu, pundak, punggung, perut, dan tungkai kaki. Tidak usah lama-lama, cukup 5-10 menit saja. Stretching di sini berguna untuk melemaskan otot-otot Anda agar saat mengayun nanti, impact dari ayunan itu tidak membuat Anda terkilir atau keseleo, karena Anda belum terbiasa.

Kelima, ikuti giliran. Jangan menerobos. Bowling adalah permainan untuk dinikmati. Jangan terburu-buru atau tergesa-gesa, nanti sering glutter.

Keenam, saat bola pemain sebelum Anda sudah ditarik kembali ke mesin dan nama Anda sudah keluar, silakan mengambil bola Anda (yang sudah ditaruh di mesin).

Sekarang, saatnya cara bermain bowling.

Yang Anda butuhkan pertama kali adalah stance atau awalan yang baik. Tidak usah sempurna-sempurna amat, yang penting baik. Banyak sekali variasi awalan dalam bowling, namun yang paling umum adalah gerakan tiga langkah:

  1. Pastikan Anda sudah mengenggam bola dengan benar. Cara penggenggaman yang benar adalah bahwa jari tengah dan jari manis tangan aktif Anda (kebanyakan tangan kanan), masuk ke dua lubang yang bertautan di bola, dan jari jempol masuk ke lubang yang sedikit jauh. Sehingga membentuk seperti tangan "metal!". Lihat gambar untuk jelasnya:



  2. Setelah itu, condongkan tubuh Anda ke depan, sedikit membungkuk. Ayunkan bola tadi ke belakang. Sedikit berlari (tiga langkah saja), lemparkan bola tersebut pada saat Anda masih di tengah "berlari" tersebut. Sedikit tips untuk Anda, agar tepat strike di tengah, gelindingkan bola ke tanda panah di tengah, jangan fokus ke yang lainnya. Hati-hati, jangan sampai melewati garis pelemparan (foul).


  3. Lihatlah skor Anda. Beginilah cara penilaiannya:
    • Jika Anda berhasil merobohkan pin 1-9, maka Anda mendapat skor 1-9
    • Anda diberi 2 kali kesempatan melempar. Jika dalam 1 giliran Anda langsung merobohkan semua pin pada kesempatan pertama, itu dinamakan STRIKE dan diberi lambang X (score-nya besar)
    • Jika Anda tidak berhasil merobohkan kesepuluh pin pada first chance namun dapat merobohkan sisanya pada second chance, maka itu disebut spare dan diberi lambang "/" (score lumayan besar)
    • Jika bola anda masuk ke "selokan" dua kali, itu dinamai gutter dan nilai Anda pada giliran itu zero (nol)
    • Jika Anda melewati garis lempar/throwing line, maka Anda akan diberi penalti berupa giliran Anda saat itu langsung dilewat
    • Pemenang adalah yang pada saat terakhir (ada 30 kali giliran per pemain) mengumpulkan total score terbanyak.

    Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara bermain bowling untuk Anda semua. Ingat, practice makes perfect. Selamat mengoleksi Strike!!!

Sahabat Anda,



Zebe Amadeus

No comments:

Cari situs yang berani bayar wajar tapi terbukti (NO SCAM)? Daftar aja:

DonkeyMails.com: No Minimum Payout