Wednesday, April 02, 2008

Why We Must Use English?

Postingan pendek ini special untuk menjelaskan mengapa sebaiknya kita "mengaku" bahwa kita menggunakan English alih-alih Indonesian? Jawabannya jelas saja: karena jika kita mengaku menggunakan bahasa Indonesia, Adsense for Content yang merupakan product terbesar dari Google Adsense, tidak bisa kita gunakan. Diterima-pun, kita paling mentok hanya bisa mendapatkan Adsense for Search.

Lho, kok begitu Mas Zebe? Apakah Google punya dendam dengan orang Indonesia?

Bukan begitu. Sebenarnya begini singkatnya:

Sesungguhnya, tujuan Google itu baik. Sungguh, saya tidak bermaksud menjilat Google! Anda pasti sudah tahu bahwa diterima atau tidaknya suatu permohonan account Adsense dan munculnya iklan Adsense, tidak ditentukan oleh kerja manusia. Bayangkan saja jika karyawan Google harus memelototi jutaan situs yang mengajukan permohonan Adsense pada mereka, berapa banyak karyawan Google yang akan kehilangan kedua mata mereka ^_^? Nah, karena itulah Google menggunakan semacam "robot" atau "engine" khusus untuk mencari iklan pada situs itu dengan memasukkan kriteria-kriteria tertentu. Salah satunya yang pasti dengan bertolok ukur pada pemakaian kata (keywords, text anchoring) terbanyak di situs itu. Contohnya saja Adsense di situs saya (maaf, bukannya menyombongkan, hanya memberi contoh), akan berubah-ubah sesuai dengan kata yang saya ketikkan paling banyak pada keseluruhan posting yang tampil pada halaman tersebut.

Nah, setelah si robot ini mendapatkan informasi dari situs kita, ia akan melaporkan pada server Google. Server akan mencari, iklan-iklan dari publishers yang berhubungan dengan keyword itu. Dan silakan tebak, bahasa apa yang paling banyak mendaftarkan iklannya pada Google?

Yup, Anda benar sekali, para calon jutawan kilat. Bahasa Inggris.

Jadi, sudah jelas bukannya karena Google kheki dengan Indonesia sehingga permohonan Adsense Anda tidak diterima-terima (jika menggunakan bahasa Indonesia). Problem sebenarnya adalah masih sedikit sekali jumlah publishers dari Indonesia yang men-submit iklan mereka ke Google. Terang saja jika kita memakai 90% Indonesian, Google juga sukar untuk mencari iklan mana yang cocok dengan bahasa ibu kita tersebut.

Namun, satu bulan ini, tampaknya sudah banyak advertisements dari Indonesia yang bisa ditayangkan di Adsense. Jika saya dan Anda sedang beruntung, Anda bisa melihat bahwa ads Google yang ada di situs saya seringkali menggunakan (dan memang berasal dari bahasa) Indonesia. Tulisan "Iklan oleh Google" juga bersarang di sana alih-alih "Ads by Google." Bila melihat kondisi ini, meskipun sampai saat artikel ini diposting pengguna bahasa Indonesia belum bisa menikmati layanan Adsense for Contents dan Adsense for Referrals, namun bisa jadi sebentar lagi kita para orang Indonesia yang cinta tanah air mampu menggunakan layanan itu.

Yah... lebih baik berpikir positive dulu sebelum bayangan negative mencelakakan diri kita sendiri.

Sahabat Anda,



Zebe Amadeus

No comments:

Cari situs yang berani bayar wajar tapi terbukti (NO SCAM)? Daftar aja:

DonkeyMails.com: No Minimum Payout