Thursday, April 03, 2008

Di-ban Google Adsense Gara-gara Illegal Clicks?

Neng Adsense...Neng Adsense... siapa sih yang tidak ingin situsnya "ditumpangi" Neng Adsense ^_^? Begitu kuatnya kharisma Neng Adsense sampai-sampai John Chow dalam bukunya "How to Make Money Online" mengatakan bahwa para rookie dalam hal SEO, e-money, e-advertisements, dan e- e- lainnya ^_^ yang tidak mengetahui atau mencoba Adsense adalah:

"...you must live under the rocks..."

Atau arti harafiahnya adalah:

"...seperti katak dalam tempurung..."

*LOL*


Yah, Mas John Chow boleh bicara apa saja setelah pendapatan fantastisnya yang lebih dari 27000$/bulan. Sayangnya, seringkali bagi kita yang masih seorang noob (newbie), seperti menghadapi sang pacar, terkadang kita kesal juga dengan ulah yang dibuatnya. "Ada-ada saja cewekku / cowokku itu." Nah, demikian juga dengan Neng Adsense. Belum puas dengan peraturan ini-itu, masih juga ia membuat ketentuan clicking yang sampai sekarang (dan pastinya tidak akan pernah) transparan untuk kita.

Tidak jarang para Adsense-mania di Jogja dibuat bingung oleh Neng Adsense. Pasalnya, popularitas blog mereka yang membengkak, yang juga meningkatkan intensitas click pada adsense di blog mereka, justru menjadi boomerang. Banyak Adsense-mania di Jogja yang di-ban gara-gara dituduh melakukan "illegal clicking."

Hwarakadah, Mas Zebe... opo toh Illegal Clicking kui? Kula mboten ngartos boso bule...

Yang dimaksud dengan illegal click adalah melakukan clicks pada iklan Adsense dengan menyalahi aturan yang berlaku. Salah satunya adalah jika ads tersebut di-click terus-menerus, sehingga ada kesan bahwa kita sendirilah yang men-click ads tersebut atau menyuruh orang lain untuk men-click-nya. Alhasil, account Adsense kita pun dihanguskan dan di-blacklist. "Apa sih maunya Neng Adsense ini, sudah dikasih hati minta jantung. Sudah dikasih jantung minta ampela," begitulah kira-kira yang ada di pikiran kita.

Lalu, bagaimana Google mendeteksi Illegal Click tersebut?

Bagi para Adsense-mania yang lebih mendalami "darkside Adsense" (hueheheh), kabar buruknya adalah bahwa tidak seorang-pun yang mengetahui dengan jelas, apa saja prosedur yang digunakan oleh para pengembang Google Inc. Kabar-baiknya, sedikit demi sedikit system mereka bisa diungkap. Antara lain adalah dengan detection pada:

  • TCP/IP Address: Ini logika yang paling mudah. Robot engine yang digunakan oleh Google mampu menghitung rentang per-click pada TCP/IP dari clicker yang bersangkutan. Konsep yang sama biasa diterapkan untuk unique visitors yang digunakan oleh sejumlah hit-counters ternama
  • Clicking Periods: Ini juga masuk akal. Banyak sekali "rentang waktu" yang dihitung oleh Google dan saya hanya bisa menebak-nebak. Mungkin: rentang waktu antar klik dari IP Address yang sama, rentang waktu dari akses blog yang bersangkutan sampai waktu klik, atau rentang waktu dari click sampai keluar kembali dari situs publishers yang iklannya di-click tadi
  • Direct Hits: Ini adalah salah satu trap yang digunakan Google untuk situs dengan page rank rendah atau bahkan yang sama sekali belum identified oleh Google Search Engine. Logikanya adalah, jika situs Anda belum terkenal, siapa lagi yang akan meng-click selain diri Anda sendiri? Karena itu, bagi Anda para Adsense-Mania yang suka bermain "darkside", jangan sekali-kali langsung meng-click ads Anda sendiri langsung setelah Anda memasuki blog Anda sendiri. Pamali!
Nah, aturan Illegal Clicks yang tidak transparan ini memang seperti two-sided sword. Di satu sisi, ini adalah aturan positif bagi para blogger yang bermain fair untuk mengurangi resiko kecurangan di tengah perang SEO ini. Sayangnya, kadang ini juga membawa dampak negatif. Bayangkan, jika kita tidak salah apa-apa, dan sudah menjelang payout 100$, tahu-tahu kita kena "talak tiga" dari Neng Adsense tanpa alasan yang jelas? Ngilu, Man! ^_^

So, calon jutawan kilat, untuk itu saya selalu menekankan untuk bermain "white side" selalu. Tingkatkan keuntungan Anda dengan posting yang bermutu, original, dan frequently. Lha kalau saya sudah main jujur masih di-ban juga, piye Mas? Jangan takut, masih banyak pilihan selain Adsense! No Adsense, No Cry. Salah satu blogger terkemuka yang mengalami nasib sama adalah Kumiko-san, gadis Nippon cantik pemilik situs Kumiko's Cash Quest yang terkenal itu. Jatuh dari di-ban Adsense tidak membuat Kumiko-san mundur. Bahkan, seperti bola karet yang dilempar tambah membal, ia mencari alternatif lain selain Neng Adsense dan berhasil membuat keuntungan yang bahkan bisa melampaui para Top Adsenser. Hal serupa akan saya bahas di lain waktu. Terus ikuti blog ini supaya cepat jadi jutawan!

Sahabat Anda,



Zebe Amadeus

No comments:

Cari situs yang berani bayar wajar tapi terbukti (NO SCAM)? Daftar aja:

DonkeyMails.com: No Minimum Payout