Thursday, April 10, 2008

Cara Mendaftar Di Search Engine Google dan Yahoo

Adakalanya setelah kita baru saja create a blog, kita mencoba mengecek dengan memasukkan keyword tertentu di mesin pencari seperti Google atau Yahoo... dan betapa terkejutnya kita bahwa ternyata... situs kita tidak mau muncul meskipun kita mengetikkan keywords sedetil apapun. Pertanyaannya: Mengapa? Tentu saja karena situs kita belum ter-index oleh mesin pencari atau search engine yang bersangkutan.

Agar dapat ter-index oleh sebuah search engine, kita harus men-submit situs kita ke search engine site tersebut. Untuk itu, saya akan membagi pengalaman saya mendaftarkan blog ini di search engine Yahoo dan Google.

Note: Jika link address yang disebutkan ketika di-click ternyata buntu (404 error), maka itu bukanlah kesalahan penulis melainkan semata-mata tanggung jawab dan kebijakan search engine yang bersangkutan. Hal serupa pernah terjadi pada webmasters tools google yang berpindah address ke address sekarang. Jika rekan-rekan jutawan kilat tiba-tiba menemui kasus seperti ini dan mengetahui submit link address yang baru silakan menghubungi saya di tag "Contact" di dekat header situs ini. Terima kasih.

MENDAFTAR DI GOOGLE
  1. Login pada aacount Google Mail Anda.
  2. Pada address bar, ketikkan http://www.google.com/webmasters/tools
  3. Pada Add site, di Dashboard, masukkan URL blog/site Anda (e.g. http://jutawan-kilat.blogspot.com). Click pada button "Add Site"
  4. Pada Next Step, Verify Your Site, click pada link Verify Your Site. Pada drop-down menu "Choose Verification Method..." pilih Add a Meta Tag.
  5. Copy META TAG yang diberikan dan login ke account blog Anda dan sisipkan meta tag tersebut di mana saja asalkan masih di antara sesudah tag pertama head dan sebelum tag pertama body. Pada pengguna Blogger/Blogspot, cukup dengan memilih Layout > Edit HTML, kemudian sisipkan meta tag tersebut sesuai dengan yang dijelaskan tadi
  6. Jika sudah, kembali ke jendela webmaster tools Anda. Click Verify. Jika berhasil, maka pesan sukses akan muncul
  7. Tunggu beberapa saat sampai Google selesai meng-index situsmu. Butuh waktu agak lama sampai situs Anda terdaftar di Google. Untuk saya, biasanya seminggu.
CARA LAIN (BOLEH DILAKUKAN BERSAMA CARA DI ATAS)
  1. Pergi ke http://www.google.com/addurl
  2. Masukkan URL lengkap Anda (sama seperti cara yang sebelumnya) pada column URL. Berikan comments apa saja yang berhubungan dengan situs Anda. Terakhir, masukkan characters yang ada pada random number generator yang ada di column Optional. Click button "Add URL". Kemudian, Anda tetap harus menunggu
MENDAFTAR DI YAHOO
  1. Login pada account Yahoo!Mail Anda.
  2. Pergi ke alamat http://search.yahoo.com/info/submit.html
  3. Pilih Submit Your Site For Free
  4. Pada Submit URL, masukkan URL Anda. Click Submit URL jika sudah selesai
  5. Back, masukkan alamat feed situs Anda pada Submit Site Feed, entah default feed (e.g. jika di Blogger http://jutawan-kilat.blogspot.com/feeds/posts/default) ataukah yang sudah menggunakan Feedburner. Click Submit Feed.
  6. Menunggu...menunggu lagi. Bersabarlah sampai blog Anda selesai di-index
Demikian sedikit informasi dari saya, para rekan jutawan. Semoga dapat berguna bagi Anda semua.

Sahabat Anda,



Zebe Amadeus

1 comment:

Anonymous said...

Wah... situsnya bagus Mas Zebe. Kemarin2 saya juga bingung kenapa nggak kedaftar situs saya. ternyata caranya begitu toh. Udah saya verify. Tinggal nunggu hasil nih..

Cari situs yang berani bayar wajar tapi terbukti (NO SCAM)? Daftar aja:

DonkeyMails.com: No Minimum Payout